Kuliah Umum “MPA 30×45 Cost Benefit Analysis”

Program Studi Doktor Ilmu Kelautan, Pascasarjana Universitas Pattimura menggelar kuliah umum bertema MPA 30×45 Cost Benefit Analysis. Dimana kuliah umum ini menghadirkan seorang pakar di bidang ekonomi kelautan yang memiliki pengalaman luas dalam menerapkan analisis biaya dan manfaat di berbagai proyek kelautan yaitu Victor P.H. Nikijuluw, Ph.D sebagai narasumber yang merupakan salah satu anggota pada Lembaga Konservasi Indonesia

Kuliah umum ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 07 Agustus 2024 bertempat di Aula Lt.3 Gedung Pascasarjana Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka – Ambon dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Pascasarjana, mahasiwa S-1 Ilmu Kelautan dan seluruh stakeholder yang ada dalam lingkup Pascasarjana UNPATTI.

Kuliah umum yang diselenggarakan kali ini, mengajak para peserta kuliah umum untuk memahami tentang bagaimana proses perancangan perluasan kawasan konservasi yang disebut dengan MPA Vision 30×45 dapat menjadi alat strategis dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pengelolaan sumber daya kelautan yang efektif dan berkelanjutan menyongsong 100 tahun emas Indonesia Merdeka pada tahun 2045.

Lebih lanjut narasumber menjelaskan bahwa tujuan utama melakukan Analysis Biaya-Manfaat untuk MPA ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pengelolaannya secara keseluruhan, dengan memahami biaya manajemen per tahun dari 2023 hingga 2045 maka akan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang akhirnya mengarah pada peningkatan hasil konservasi. Menjadikan wilayah perairan sebagai kawasan konservasi sekaligus produksi adalah hal yang tidak mudah, skema yang telah dibuat oleh pemerintah dan juga Konservasi Indonesia merupakan langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan yang hasilnya nanti tidak hanya dirasakan oleh pemerintah pusat, namun akan terasa hingga ke masyarakat yang tinggal di pesisir dikarenakan pentingnya mengelola sumber daya kelautan, terutama dalam konteks proyek yang memiliki dampak lingkungan yang sangat baik untuk Indonesia kedepannya

Pada kuliah umum yang berlangsung terlihat para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi melalui pertanyaan dan diskusi selama sesi tanya jawab. Prof. Dr. Dominggus Rumahlatu, M.Pd selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana UNPATTI yang membuka sekaligus juga mengikuti kuliah umum mengharapkan bahwa lewat perkuliahan yang telah dilakukan ini dapat membuka wawasan para mahasiswa dalam lingkup Pascasarjana UNPATTI terkait keterampilan manajerial dan pengelolaan sumber daya, serta pengambilan keputusan yang efektif pada wilayah konservasi laut di Indonesia.

Semoga kuliah umum ini menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menjelajahi dunia konservasi terlebih khusus pada konservasi wilayah laut di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*