Kuliah Umum Pascasarjana Unpatti: Tema’ From Gene to Disease Approch in Precision Medicine

PASCASARJANA – Pascasarjana Universitas Pattimura menggelar kuliah umum bertema From Gene to Disease Approch in Precision Medicine Dimana kuliah umum ini menghadirkan pakar genetika dan kedokteran presisi yaitu Prof. Dr. rer. nat. Dra. Asmarinah,MS sebagai narasumber yang merupakan salah satu Dosen dari Departemen Biologi Medis Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang sekaligus merupakan Ketua Umum KIBI (Konsorsium Ilmu Biomedik Indonesia). Kuliah umum ini dilaksanakan pada Hari Jumat, 31 Mei 2024 bertempat di Aula Lt.3 Gedung Pascasarjana Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka – Ambon dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Pascasarjana dan stakeholder yang ada dalam lingkup Pascasarjana UNPATTI.

Kuliah umum yang diselenggarakan kali ini, mengajak para peserta kuliah umum untuk memahami hubungan antara gen dan penyakit, serta bagaimana pengembangan ilmu genetika yang telah membantu memajukan pengobatan personalisasi. Prof. Dr. rer. nat. Dra. Asmarinah,MS, sebagai pembicara dalam kuliah umum tersebut, menyampaikan bahwa pola genetik setiap individu mempengaruhi respon terhadap pengobatan tertentu, sehingga personalized medicine menjadi penting dalam mendapatkan hasil yang optimal.

Selain itu peserta kuliah umum juga diperkenalkan dengan berbagai teknologi terkini dalam bidang genetika, seperti pemetaan genom dan sekuensing DNA. Prof. Dr. rer. nat. Dra. Asmarinah,MS juga menjelaskan bagaimana analisis data genetik dapat memberikan informasi berharga untuk merancang pengobatan yang sesuai dengan karakteristik genetik individu.

Prof. Dr. Dominggus Rumahlatu, M.Pd selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana UNPATTI yang juga mengikuti kuliah umum “From Gene to Diseases Approach for Precision Medicine” mengharapkan bahwa lewat perkuliahan yang telah dilakukan ini dapat membuka wawasan para mahasiswa dalam lingkup Pascasarjana UNPATTI terkait potensi dan manfaat precision medicine dalam meningkatkan kualitas pengobatan. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh genetik dalam penyakit dan pengembangan kedokteran presisi, diharapkan akan tercipta upaya pengobatan yang lebih efektif dan personalisasi untuk setiap individu.

Kuliah umum ini merupakan langkah awal yang penting dalam memperkenalkan konsep precision medicine kepada mahasiswa termasuk masyarakat luas, serta memberikan kesempatan bagi para peserta untuk terlibat aktif dalam perkembangan dan implementasi kedokteran presisi di masa depan. Semoga kuliah umum ini menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menjelajahi dunia kedokteran yang semakin canggih dan terpersonalisasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*