MAGISTER PENGOLAHAN LAHAN

Maluku sebagai suatu wilayah kepulauan memiliki banyak pulau kecil dengan ciri-ciri yang khas yaitu berlereng pendek dan curam, sungai-sungai pendek dan daerah alirannya sempit, agroekosistem tanah mineral masam dengan produktivitas rendah, serta adanya variasi agroklimat dari bagian utara sampai dengan selatan wilayah ini. Oleh karena itu, pengelolaan daratan dengan tidak mempertimbangkan kualitas lingkungan akan menyebabkan perubahan-perubahan mendasar terhadap ekosistem laut. Terkait dengan hal tersebut, maka Program Pasca Sarjana Universitas Pattimura melalui Program Studi Pengelolaan Lahan berdasarkan ijin Direktorat Pendidikan Tinggi nomor : 1692/D/T/2008 melaksanakan proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar tercapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan dalam perencanaan tata guna lahan, peningkatan produktivitas sumberdaya lahan, dan konservasi sumber daya lahan wilayah kepulauan

Program Studi Pengelolaan Lahan diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan diri dan memutahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi Pengelolaan Lahan dengan cara menguasai  dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya.
  2. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahlian Perencanaan Penggunaan Lahan, Konservasi dan Reklamasi Lahan, Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman melalui kegiatan penelitian dan mengembangkannya berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah.
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisa permasalahan, keterpaduan tinjauan, keterpadanan inter-disipliner dalam pemecahan masalah atau profesi serupa.

Beban kredit pendidikan S-2 Program Studi Pengelolaan Lahan (PELA) adalah 47 SKS dengan rincian 5 Mata Kuliah dengan total 15 SKS pada Semester I; 4 Mata Kuliah Wajib 12 SKS Semester II untuk tiap bidang kajian ; 3 Mata Kuliah Wajib 9 SKS dan 1 Mata Kuliah Pilihan 3 SKS pada Semester III; 1 SKS seminar dan 6 SKS Tesis pada Semester IV.

Pendidikan dapat diselesaikan dalam waktu 4 semester paling cepat dan paling lambat 8 semester sejak diterima sebagai mahasiswa Pasca Sarjana Unpatti. Sampai dengan tahun 2016 ini Prodi Pela sudah menghasilkan 56 lulusan magister dengan gelar M.Si.

Guna kelancaran kegiatan perkuliahan pada Program Pascasarjana Program Studi Pengelolaan Lahan maka sarana penunjang pendidikan sangatlah dibutuhkan. Beberapa sarana penunjang yang dimiliki adalah  ruang kuliah, ruang kantor, ruang seminar, perpustakaan yang berlokasi di Gedung Pascasarjana Unpatti Ambon, laboratorium yang terdiri dari Laboratorium Ilmu Tanah Dasar, Fisika Tanah, Mineralogi-Petrografi, Kimia Tanah, Analisa Tanaman, Biologi Tanah, Laboratorium Inderaja dan Pemetaan yang berlokasi di kampus Poka serta peralatan penunjang lainnya.

Pendaftaran mahasiswa Pascasarjana Pengelolaan Lahan dimulai pada bulan April s/d Mei 2020. Tempat pendaftaran : Program Pascasarjana Universitas Pattimura, Jl. Dr. Tamaela, (Kampus Pasca Sarjana) Tlp. (0911) 311803–342499-343376 Ambon, e-mail : programpascasarjanaunpatti@co.id.

Persyaratan :

  • Memiliki Ijazah Sarjana Pertanian, Kehutanan, Peternakan, Perikanan, MIPA, Teknik Sipil, Teknik Perencanaan, Lingkungan, atau dari bidang ilmu terkait, dengan IPK minimal 2.75.
  • Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Universitas Pattimura.
  • Lamaran calon peserta didik diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah tersedia.
  • Mendapatkan surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang dapat diminta keterangan tentang kelayakan akademik pelamar.
  • Persyaratan lain dapat diketahui pada saat pendaftaran.

Calon mahasiswa S2 yang mendaftar diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000.- Setelah lulus seleksi, mahasiswa S2 diwajibkan membayar biaya matrikulasi sebesar Rp. 1.000.000.-, biaya pendidikan per semester sebesar Rp. 5.500.000.-, sumbangan pembangunan institusi sebesar Rp. 2.000.000.-. dan Uang Jaket Pascasarjana Rp.750.000. Pembayaran biaya-biaya dimaksud melalui Langsung di bagian keuangan Program Pasca Sarjana Unpatti

Kurikulum Program Studi Pengelolaan Lahan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat wilayah kepulauan dan pulau-pulau kecil.  Peserta didik dapat memilih Bidang Kajian Utama (BKU) Perencanaan Tata Guna Lahan (PTGL), Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman (KTNT), dan Konservasi Sumber Daya Lahan (KSDL). BKU PTGL berkaitan dengan aspek-aspek survey, pemetaan dan evaluasi lahan serta perencanaan penggunaan lahan untuk tujuan tertentu termasuk penataan kawasan; BKU KTNT berkaitan dengan aspek-aspek peningkatan kualitas tanah, air, dan tanaman, peredaran karbon yang akhir-akhir ini cukup mendapat perhatian internasional, bioteknologi tanah dan perairan, pencemaran lingkungan; BKU KSDL berkaitan dengan aspek-aspek pengelolaan DAS, konservasi air pada pulau-pulau kecil, mitigasi bencana dan Konversi Sumnber Daya Alam Lainnya

No Mata Kuliah SKS
  Matrikulasi  
01 Statistika Terapan 0
02 Metode Ilmiah 0
03 Bahasa Inggris 0
04 Tanah dan Lingkungan 0
  Semester I  
01 Analisis Statistika (a, b, c) 3
02 Metodelogi Penelitian (a, b, c) 2
03 Manajemen Bencana (a, b, c) 3
04 Hidrologi Lanjutan (a,b,c) 2
05 Pengelolaan Lahan Pulau – Pulau Kecil (a,b,c) 2
  Semester II  
01 Geomorfologi & Analisa Landsekap (a, b, c) 3
02 Metode Survei Sumberdaya Lahan (a, b, c, d) 3
03 Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Lahan (a) 3
04 Analisa Proyek (a) 3
05 Irigasi dan Drainase (b) 3
06 Manajemen DAS Pulau – Pulau Kecil (b) 3
07 Fisika Tanah (b) 3
08 Kimia Tanah (c) 3
09 Bioteknologi Tanah (c) 3
10 Nutrisi Tanaman (c) 3
11 Rekayasa Hijauan dan Teknologi Pakan  (d) 3
12 Sistem Produksi Ternak  (d) 3
13 Pengembangan Sumber Daya Genetik Ternak  (d) 3
  Semester III  
01 Evaluasi Lahan dan Perencanaan Pengembangan Wilayah  (a, b, d) 3
02 Konservasi Sumberdaya Lahan (a,b) 3
03 Inderaja dan SIG (a) 3
04 Rehabilitasi Lahan (b) 3
05 Kesuburan Tanah (c) 3
06 Bioremediasi Lahan (c) 3
07 Metode Analisa Tanah-Air-Tanaman (c) 3
08 Bioproses Hasil Ternak  (d) 3
09 Strategi dan Kebijakan Perencanaan Agribisnis Peternakan  (d) 3
10 Pilihan (a,b,c, d ) 3
  M.K Pilihan Semester Ganjil  
01 Analisis Proyek Pertanian 3
02 Amdal & Audit Lingkungan 3
03 Masalah Khusus Pertanian 3
04 Bioremediasi Lahan 3
05 Inderaja dan SIG (a) 3
06 Metode Analisa Tanah-Air-Tanaman (c) 3
07 Perbaikan Mutu Genetik Ternak 2
08 Biodinamika dalam Pakan Ternak Gembala 2
09 Teknik Industri Ternak Potong 2
10 Pengolahan dan Industri Daging 2
11 Pengolahan dan Industri Daging 2
12 Budidaya Hijauan Pakan dan Pasture 2
  Senester IV  
01 Seminar 1
02 Tesis 6

Staf pengajar (dosen) merupakan tenaga dosen tetap yang ada di Universitas Pattimura, dengan kompetensi utama yang terkait dengan bidang perencanaan tata guna lahan, produktivitas lahan dan konservasi sumber daya lahan

 
1.   Prof. Dr. R.M. Osok, M.Sc
2.   Prof. Dr. Ir. Ch. Silahooy, MS
3.   Prof. Dr. Ir. A. Tatipata, MS
4.   Prof. Dr. Ir. J. Riry, MP

5.   Dr. Ir. A. I. Latupapua, MS

6.   Dr. Ir. E. Kaya, MP
7.   Dr. Ir. P. J. Kunu, MP

8.   Dr. Ir. S. M. Talakua, MP

9.   Dr. Ir. A. Siregar, M.Sc
10. Dr. Ir. J. F. Salamena, M.Si
11. Dr. Ir. A.M. Kalay, MP

12. Dr. Ir. W. Girsang, MS

13.  Dr. Ir. W. A. Siahaya, M.Si
14. Dr. F. Puturuhu, SP. MP
15. Dr. M. La Habi, SP, MP
16. Dr. Ir. G. S. J. Tomatala, M.Si