MAGISTER ILMU EKONOMI

Program Magister Sains, Program Studi Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Pattimura berdiri dan mulai beraktifitas pada Tahun 2007 berdasarkan Surat Izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas No : 1107/D/T/2007 Tanggal 11 Mei 2007, dan telah diperpanjang dengan No: 2823/D/T/K-N/2010 tanggal 5 Mei 2010 serta telah terakreditasi oleh BAN-PT NO 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013 dengan Nilai ”B”. Jumlah tenaga pengajar yang dimiliki adalah sebanyak 25 orang terdiri dari 16 staf pengajar tetap dan 9 pengajar tidak tetap, dengan kualifikasi Doktor, 4 (empat) orang diantaranya adalah Guru Besar. Saat Ini Program Studi Ilmu Ekonomi Memiliki 2 (dua) Bidang Kajian Utama (Bku), Yakni : Bku Ekonomi Perencanaan Dan Pembangunan Dan Bku Akuntansi

VISI :

 “Menjadi Penyelenggara Pendidikan Magister yang Berkualifikasi Andal, Kompetitif, dan Unggul di bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi  Berbasis Kepulauan Tahun 2025“.

MISI :

Dalam  upaya pencapaian  Visi, maka Misi yang diemban adalah :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan magister dibidang ekonomi pembangunan dan Akuntansi berbasis kepulauan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan dan penerapan aplikasi model-model ekonomi pembangunan dan akuntansi berbasis kepulauan.
  3. Meningkatkan kapasitas dan daya saing Program Studi Magister Ilmu Ekonomi  Pascasarjana UNPATTI

Pendidikan pada Program Studi Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Pattimura diselenggarakan atas dasar Sistem Kredit Semester, yang meliputi mata kuliah umum, mata kuliah kemagisteran, Seminar Usulan Penelitian dan Penyusunan Tesis. Total SKS yang harus diselesaikan adalah 46 SKS termasuk Tesis, dengan batas waktu studi maksimum 8 semester.

Kurikulum perkuliahan terdiri dari kurikulum prapascasarjana (matrikulasi) dan kurikulum pascasarjana. Kurikulum matrikulasi merupakan paket beberapa mata kuliah yang bersifat non-kredit     (0 SKS) untuk menjembatani program sarjana dan program magister. Pada akhir matrikulasi dilakukan ujian akhir untuk mengevaluasi prestasi belajar, dan diberikan sertifikat.

Sedangkan kurikulum pascasarjana terdiri dari seperangkat Mata Kuliah dengan jumlah kredit sebanyak 46 SKS. Berikut ini Kurikulum dan mata kuliah yang diperoleh :

Mata Kuliah untuk Matrikulasi :

  1. Pengantar Akuntansi
  2. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikro dan Makro)
  3. Bahasa Inggris
  4. Sejarah Pemikiran Ekonomi

Mata Kuliah Dasar Program Studi Ilmu Ekonomi

No Mata Kuliah SKS Sem.
1. Teori Ekonomi Makro Madya 3 I
2. Teori Ekonomi Mikro Madya 3 I
3. Matematika Ekonomi 3 I
4. Metodologi Penelitian 3 I
5. Metode Kuantitatif dan Kualitatif 3 II

 Mata Kuliah Kemagisteran Minat Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan 

No Mata Kuliah SKS Sem.
1. Perekonomian Indonesia 3 II
2. Ekonomi Internasional 3 III
3. Ekonomi Pembangunan Kepulauan 3 II
4. Ekonomi SDA dan Lingkungan Kepulauan 3 II
5. Perencanaan Pembangunan  Wilayah Kepulauan 3 II
6. Seminar  Proposal 1 IV
7. Tesis 6 IV

Mata Kuliah Pilihan

No Mata Kuliah SKS Sem.
1. Ekonomi Kepulauan 3 III
2. Ekonomi Publik 3 III
3. Ekonomi Pengembangan SDM 3 III
4. Seminar Ekonomi Pembangunan 3 III
5. Ekonomi Transportasi Kepulauan 3 III

 

Mata Kuliah Kemagisteran Minat Akuntansi

No Mata Kuliah SKS Sem
1. Teori Akuntansi 3 II
2. Akuntansi Keperilakuan 3 II
3. Manajemen Strategik 3 II
4. Good Coorporate Governance 3 II
5. Perpajakan 3 II
6. Seminar Proposal 1 IV
7. Tesis 6 IV

Mata Kuliah Pilihan

No Mata Kuliah SKS Sem
1 Pengukuran Kinerja Pemerintah 3 III
2 Manajemen Keuangan Daerah 3 III
3 Audit Sector Publik 3 III
4 Perencanaan dan Penganggaran  SP 3 III
5. SPM Sektor Publik 3 III
6. Analisis Laporan Keuangan 3 III
7. Audit Internal 3 III
8. Audit Investasi Dan Portofolio 3 III
9. Manajemen Keuangan 3 III
10. Sistem Akuntansi 3 III

Staf Pengajar Tetap :

  1. Prof. Dr. Stellamaris Metekohy, SE., M.Si
  2. Prof. Dr. Askam Tuasikal, SE., M.Si., Ak
  3. Dr. Erly. Leiwakabessy, M.Si
  4. Dr. H. Muspida, M.Si
  5. Dr. Fahrudin Ramly, M.Si
  6. Dr. D. Rumerung, M.S
  7. Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si.
  8. Dr. M. K. Tupamahu, M.Si
  9. Dr. Teddy. Ch.Leasiwal, SE.,M.Si
  10. Dr. I. T. Mattitaputy, SE., M.Si
  11. Dr. Djufri Rays. Pattilouw, SE., M.Si
  12. Dr. Maryam Sangadji, SE,ME
  13. Dr. Ch. Sososoetiksno, SE., M.Si., Akt., CA
  14. Dr. J. Lekatompessy, SE., M.Si., Akt., CA
  15. Dr. J. Gasperz, SE., M.Si., Akt., CA
  16. Dr. P. Usmany, SE, M.Si, Akt
  17. Dr. Ferry. H. Basuki, SE.,M.Si.,AK.,CA

Staf Pengajar Tidak Tetap :

  1. Prof. Dr. Th. Pentury, M.Si
  2. Prof. W. I. M. Poli, Ph.D (UNHAS)
  3. Dr. Hj. Asmaria Latuconsina, SU
  4. Dr. Dj.Salampessy, SP,M.Si (PEMDA PROMAL)
  5. Anis Chariri, SE.,M.Com.,Ph.D (UNDIP)
  6. Dr. Marthin Ndoen, MA (SATYAWACANA)
  7. Dr. Dwi Harianti, SE., MM., Akt., CA
  8. Dr. S. J. Hehanussa, SE., M.Si

Untuk mendukung proses pendidikan di Pascasarjana Universitas Pattimura, maka mahasiswa dibebankan:

  1. Biaya Penylenggaraan Pendidikan (BPP) sebesar 5.500.000,- (Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) per semester,
  2. Sumbangan Pembangunan sebesar      2.000.000,- (Dua Juta Rupiah).
  3. Biaya Pendaftaran Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah)
  4. Biaya Matrikulasi Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah)

Pembayaran      disetor      melalui      Rekening Nomor 7787799889 PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk Cab. Ambon. Nama Rekening RPL. 061 Unpatti untuk Penerimaan Pihak III.

Pendaftaran Mahasiswa Pascasarjana Baru akan dimulai pada bulan April  s/d bulan Mei 2020. Tempat pendaftaran : Sekretariat Pascasarjana Universitas Pattimura. d/a. Jl. Dr. Latumeten, (Kampus PGSD) Tlp. (0911) 311803 – Ambon,  Email : unpattipascasarjana@yahoo.co.id.

Syarat Pendaftaran :

  • Lulusan Pendidikan Sarjana Ekonomi atau lulusan sarjana pada disiplin ilmu lainnya yang relevan.
  • Memiliki IPK minimal 2.75.
  • Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh Pascasarjana Universitas Pattimura.
  • Mendapatkan rekomendasi akademik dari 2 orang Guru Besar atau yang memiliki kompetensi.
  • Bagi yang bekerja, diwajibkan membawa izin tertulis dari instansi tempat bekerja.
  • Surat keterangan tentang sumber pembiayaan Studi selama mengikuti Program Magister. `
  • Penerimaan mahasiswa dilakukan berdasarkan kelengkapan administrasi dan seleksi Akademik.
  • Surat keterangan tentang sumber pembiayaan studi, termasuk biaya penelitian selama mengikuti Program Magister.
  • Persyaratan lain dapat diketahui pada saat pendaftaran.
  • Transkrip dan ijazah harus dilegalisir oleh Perguruan Tinggi asal, bagi ijazah luar negeri harus sudah memperoleh penyesuaian dari DIKTI